Countdown until next update : n/a

System: Update Aborted

Home » , » Jember Fashion Carnaval (JFC) 2013

Jember Fashion Carnaval (JFC) 2013

Written By BimaShop on Thursday, August 29, 2013 | 11:55 AM



Ketika Anda mendengar kata karnaval, apa yang Anda pikirkan? Pesta besar, parade atau pawai dengan banyak penonton, warna-warni pakaian peserta karnaval, atau mungkin Jember Fashion Carnaval? Apapun yang ada di pikiran Anda, bersiaplah untuk menyaksikan salah satu karnaval paling megah dan terbesar di Indonesia, yaitu Jember Fashion Carnaval (JFC) 2013. Acara ini akan berlangsung pada tanggal 23-25 Agustus 2013 di Jember, Jawa Timur.

Awalnya karnaval ini hanya pekan mode sederhana yang diadakan di alun-alun Kota Jember. Akan tetapi, kemudian mucullah gagasan dari Dynand Fariz seorang disainer sekaligus pendidik di bidang fashion yang bermukim di Jember untuk mengubah pekan mode ini menjadi sebuah karnaval besar dan kini dikenal sebagai Jember Fashion Carnaval. Pelaksanaan JFC sendiri pertama kali disandingkan untuk memeriahkan HUT Kota Jember.

Dengan berorientasi pada trend fashion dunia yang dibalut pesona budaya Indonesia, pelaksanaan JFC setiap tahunnya berjalan sukses. Sejak pertama kali diselenggarakan pada 2003 lalu, Jember Fashion Carnival terus mendapat sorotan dari media internasional di setiap perhelatannya. Bagaimana tidak, karnaval ini merupakan yang terbesar nomor empat di dunia setelah Mardi Grass di New Orleans di Amerika Serikat, Rio De Jeneiro Carnaval di Brazil, dan Fastnatch Koln di Jerman.

Sebagai salah satu karnaval terbesar di dunia, Jember Fashion Carnival tentu saja tidak menyuguhkan hal yang biasa-biasa saja. Karnaval ini akan menjadikan jalan raya dalam kota sebagai catwalk sepanjang 3,6 km. Catwalk tersebut termasuk yang terpanjang di dunia dimana menjadi etalase hidup dari ratusan maha karya berupa desain adibusana spektakuler yang berakar pada budaya Indonesia.

Jember Fashion Carnaval tahun ini mengangkat tema “ArTechsion” akan dibagi dalam sepuluh sub tema, yaitu: Tribe, Tibet,


Betawi, Octpus, Bamboo, Art Deco, Canvas, Beetle, Spider, dan Venice. Proses persiapan menuju perhelatan spektauler ini kurang lebih memakan waktu satu tahun. Peserta JFC berasal dari berbagai kalangan dan usia dari seluruh Nusantara, mereka umumnya adalah seniman, desainer, pemerhati fashion dunia, pecinta fashion, model, hingga pelajar.

Menggunakan konsep 4 E yaitu Education, Entertaiment, Exhibition dan Economy Benefit, JFC akan menghadirkan lebih dari 650 peserta yang akan berjalan di catwalk sepanjang 3,6 km mulai dari Central Park sampai Sport Hall Jember. Peserta merancang, membuat dan memperagakan sendiri kostum mereka termasuk juga make up dan tata rambut. Oleh karena itu peserta akan mendapat in house training fashion design, fashion run way, dance, presenter, singer, make up, dan hair styletanpa dipungut biaya.

Pada hari H, peserta akan ditempatkan di masing-masing sub tema yang mereka sudah pilih. Karnaval ini juga semakin meriah dengan hadirnya Opening Defile berupa Live Performing Art dari JFC Marching Band. Akan ada juga Defile Archipelago dengan tema busana daerah dari masing-masing provinsi di Indonesia antara lain dari Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan lain-lain.

Selain sub tema yang sudah ditentukan, peserta juga bisa menampilkan hasil karya imajinatif mereka berupa busana dari suatu negara, kelompok tertentu, film, kejadian atau peristiwa, animasi dan lain-lain. Semua busana yang dihadirkan dalam JFC tentunya akan dikompetisikan untuk meraih penghargaan untuk kategori JFC Award, Special Award, Best Performance, Best Costume, Unique Costume, dan Other Costume.

Sudah dapat dipastikan karnaval ini akan dihadiri oleh ribuan orang yang berasal dari berbagai tempat. Mereka akan memadati pinggiran jalan raya Kota Jember yang akan menjadi catwalk JFC. Photographer dan media dari berbagai negara juga akan hadir untuk mengabadikan dan menyiarkan keindahan, kemegahan, kespektakuleran, dan keunikan Jember Fashion Carnaval 2013. Jadi, siapkan waktu Anda dan pesanlah akomodasi jauh hari sebelumnya karena dipastikan sebulan sebelumnya akan sudah banyak dipesan.

Untuk informasi lebih lengkap silakan kunjungi website resmi JFC di laman berikut. www.jemberfashioncarnaval.com

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Indonesia Travel
Copyright © 2013 - 2017. Indonesia Travel Information - All Rights Reserved
Template Edited by Bimasoft
Proudly powered by Blogger