Countdown until next update : n/a

System: Update Aborted

Home » , » Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas

Written By BimaShop on Saturday, August 31, 2013 | 2:12 PM

Tinjauan

Taman Nasional Way Kambas (TNWK) terletak di ujung selatan Sumatera, 110 km dari Bandar Lampung. Merupakan salah satu cagar alam tertua di Indonesia yang menempati lahan seluas 1.300 km² berupa dataran rendah di sekitar Sungai Way Kambas di pantai timur Lampung.

TNWK menjadi rumah dan taman bermain bagi gajah, sekaligus pusat pelatihannya. Di lebatnya taman nasional ini, ada sekitar 200 gajah sumatera (Elephas maximus sumatranensis) menjadikan hutan ini sebagai rumah mereka. Gajah Sumatera adalah salah satu dari tiga subspesies yang diakui sebagai gajah asia dan asli Pulau Sumatera. Secara umum, gajah asia lebih kecil dibandingkan dengan gajah afrika. Gajah sumatera merupakan gajah terkecil dari gajah-gajah yang ada di Asia dengan ketinggian bahu berkisar antara 2 dan 3,2 m. Gajah liar di Sumatera dahulu dapat ditemukan di 8 propinsi di Pulau Sumatera. Namun, karena kepadatan pemukiman dan menyusutnya vegetasi hutan hujan tropis telah menyulitkan untuk memperkirakan jumlah mereka.

Tahun 1978 Taman Nasional Way Kambas diusulkan menjadi taman nasional dengan surat keputusan sementara tahun 1989 dan surat keputusan akhir tahun 1997. Sementara Pusat Pelatihan Gajah Way Kambas resmi didirikan tahun 1985. Lokasinya terletak 9 km dari pintu masuk taman Plang Ijo. Pusat pelatihan gajah ini didirikan untuk melindungi keberadaan gajah dan menciptakan keuntungan antara gajah dan manusia. Gajah di Sumatera dulunya digunakan oleh kerajaan yang memerintah di Sumatera untuk kendaraan berperang dan keperluan upacara.

Di Pusat Pelatihan Gajah Way Kambas, Anda dapat melihat gajah melakukan berbagai tugas seperti mengangkut kayu atau membajak sawah. Mereka juga dapat melakukan aktivitas unik seperti bermain sepak bola dan pertunjukan menghibur lainnya.

Di dalam taman ini juga terdapat Sumatra Rhino Sanctuary (SRS), dimana badak-badak dikenalkan dengan alam sekitarnya dengan harapan penangkaran yang dilakukan berjalan sukses. Pusat penangkaran didirikan tahun 1995, meliputi lahan seluas 100 hektar yang dijadikan tempat pelestarian, penelitian dan pendidikan. Di tempat penangkaran ini terdapat lima badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis sumatrensis) yang masing-masing diberi nama Rosa, Ratu, Bina, Torgamba, dan Andalas yang bertindak sebagai duta untuk badak-badak liar lainya. Mereka juga dijadikan sebagai spesimen untuk pendidikan dan pelestarian.
Mamalia lainnya yang hidup di taman nasional ini antara lain: badak Sumatera(Dicerorhinus sumatrensis sumatrensis), gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus), harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae), tapir (Tapirus indicus),anjing hutan (Cuon alpinus sumatrensis), siamang (Hylobates syndactylus syndactylus); 406 jenis burung diantaranya bebek hutan (Cairina scutulata), bangau sandang lawe (Ciconia episcopus stormi), bangau tong-tong (Leptoptilos javanicus), sempidan biru (Lophura ignita), kuau (Argusianus argus argus), pecuk ular (Anhinga melanogaster). berbagai jenis reptilia, amfibia, ikan, dan insekta.
WKNP juga merupakan rumah bagi beberapa tumbuhan antara lain api-api(Avicennia marina), pidada (Sonneratia sp.), nipah (Nypa fruticans), gelam(Melaleuca leucadendron), salam (Syzygium polyanthum), rawang (Glochidion borneensis), ketapang (Terminalia cattapa), cemara laut (Casuarina equisetifolia), pandan (Pandanus sp.), puspa (Schima wallichii), meranti (Shorea sp.), minyak (Dipterocarpus gracilis), dan ramin (Gonystylus bancanus).

Di area sekitar Way Kanan, ada lokasi dimana Anda terdapat tempat pengamatan burung. Spesies yang paling menarik di sini adalah mentok rimba dan burung botak hutan.

Transportasi

Jika Anda menggunakan transportasi umum, cara yang paling sederhana adalah menggunakan bus dari Terminal Raja Basa di Bandar Lampung arah Way Jepara. Kemudian turun di Gajah Batu di Desa Rajabasa Lama, Way Jepara dan melanjutkan naik ojek ke Way Kanan atau Pusat Pelatihan Gajah (PLG) sebagai pintu masuk ke TNWK. Perlu diketahui bahwa bus terakhir yang berangkat dari Rajabasa Lama adalah jam 15.00 Waktu Indonesia Barat dan akan lebih baik jika Anda tiba sebelum senja, karena ojek tidak akan bersedia mengantar Anda setelah lewat senja.

Alternatif Bandar Lampung, Anda bisa naik bus ke arah Metro kemudian naik bus yang menuju Rajabasa Lama.

Jida Anda menggunakan mobil pribadi atau sewaan dari Bandar Lampung maka mengambil rute Kota Bumi utara dan ikuti rute yang ditunjukan marka gambar gajah untuk sampai di WKNP. Anda juga bisa menggunakan dari Bandar Lampung ke Way Kambas tapi harganya sangat mahal.





Akomodasi
Ada fasilitas utama di dekat taman nasional berjarak 500 meter dari pintu masuk. Tempat ini disebutSatwa Sumatra Elephant Eco Lodge. Berupa taman bertembok yang ditumbuhi pohon buah-buahan tropis. Satwa Sumatra Elephant Eco Lodge menawarkan empat cottagemasing-masing dengan kamar dapat menampung sampai empat orang dan tempat tidur pegas, kipas angin, air panas dan toilet bergaya barat. Semua cottage, fasilitas dan kantor didukung oleh listrik bertenaga surya. Di sini terdapat sebuah restoran terbuka yang menyediakan menu makanan Indonesia dan sarapan dengan menu makanan barat untuk memulai hari Anda.

Alamat :
Jl. Taman Nasional Way Kambas
ECOLODGES INDONESIA BOOKING CENTRE
Phone – Indonesia: +62 725 764 5290
Phone – International: +62 361 701098
Email: reservation@ecolodgesindonesia.com atau ecosafari@ecolodgesindonesia.com
Website: http://www.ecolodgesindonesia.com/satwa/

Way Kanan Resort
Satu-satunya resort yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Way Kambas ini didatangi berbagai kalangan, mulai dari wisatawan nusantara dan mancanegara, hingga peneliti dari penjuru dunia. Way Kambas tidak hanya menjadi rumah bagi gajah Sumatera, tapi juga berbagai flora dan fauna yang sering menjadi objek penelitian ilmuwan dan biolog. Dengan tarif kamar hanya Rp 200rb per kamar, resort ini menyediakan tour sepanjang sungai yang menggunakan perahu motor berkapasitas maksimum 6-7 orang, dengan harga mulai dari Rp 750rb hingga Rp 1.5 jt. Silakan melaporkan diri di Pos Jaga Plang Hijau saat datang di Taman Nasional Way Kambas dan mintalah SIMAKSI, yaitu surat izin masuk dengan biaya Rp 20rb. Setelah itu, barulah Anda dapat masuk ke Way Kanan yang berjarak 13 km dari Plang Hijau ke dalam hutan. Untuk informasi silakan hubungi Pak Slamet Riyadi, seorang ranger dan penjaga pintu masuk di nomor 0853 7780 5517
Pusat Latihan Gajah
Di kawasan pelatihan gajah / PLG (Pusat Latihan Gajah), terdapat penginapan untuk para peneliti dan wisatawan ecotourism. Tempatnya terbuat dari rumah kayu berwarna hijau di antara titik-titik pelatihan gajah Sumatera. Lokasinya yang nyaman di tepi kolam minum dan pemandian gajah, penginapan ini tepat untuk meneliti dan menikmati kehidupan di antara para pawang gajah. Tempat makan dan minum pun tidak jauh dari penginapan yang berseberangan dengan Kantor Pusat Konservasi Gajah Sumatra di kawasan yang sama. Harga per kamar Rp 200rb per malam dan dapat ditempati hingga 4 orang. Untuk informasi silakan hubungi Pak Slamet Riyadi, seorang ranger dan penjaga pintu masuk di nomor 0853 7780 5517.
Perkemahan Taman Nasional Way Kambas
Bila ingin menikmati suasana malam di dekat tenda camping, silakan dirikan tenda Anda di daerah Pos Jaga Plang Hijau. Untuk menginap, silakan meminta surat SIMAKSI di Kantor penjagaan.

Yestoya Club House Hotel
Jl Cempaka Way Jepara 34196, Lampung Timur
Telp.: +62 725 640 222
Fax.: +62 725 640152

Bila ingin menikmati kegiatan di Taman Nasional Way Kambas namun mengharapkan suasana akomodasi modern dan seperti di hotel yang menyediakan segala kenyamanannya, maka tidak jauh dari Way Kambas, terdapat kota kecil bernama Way Jepara atau Jepara. Dengan hanya 15 - 20 menit dengan kendaraan dari belokan masuk ke Taman Nasional Way Kambas, maka Anda akan menjumpai YESTOYA di sebuah jalan kecil berbatu. Tersembunyi dari suasana Jalur Timur Trans Sumatra, Yestoya menyediakan semua kamar degan pendingin ruangan AC, Televisi setiap kamar, water heater, dan di kamar tertentu menyediakan lemari pendingin. Di dalamnya terdapat cafe di depan kolam ikan, juga kolam renang yang bebas digunakan tamu. Fitness equipment pun disediakan untuk menjaga kebugaran. Harga kamar terkecil dengan 2 tempat tidur ialah Rp 220rb dan kamar besar dengan twin bed atau single bed ialah Rp 330rb.


Tips

Izin masuk TNWK dapat diperoleh di pintu masuk taman dan juga dapat diperoleh dari pihak konservasi di kantor pusat di Bandar Lampung (Balai Konservasi Sumber Daya Alam 11). Kantor ini berjarak setengah kilometer dari terminal bus Rajabasa Lama, berada di sisi kiri dan di depannya terdapat patung gajah. Petugasnya yang ramah akan dengan senang hati membantu Anda mengenai informasi tentang Way Kambas.
Jangan harap dapat meminta penjaga untuk mengantar Anda ke pinggiran taman, karena ini tidak diizinkan. Jika Anda sabar dan tidak membuat keributan mungkin beruntung bisa melihat beberapa hewan liar, kemungkinan besar gajah liar. Informasi tambahan hewan-hewan yang Way Kambas tersedia dalam sebuah buku referensi yang tersedia di Way Kanan.


Balai Taman Nasional Way Kambas


Jl. Raya Labuhan Ratu Lama, Labuhan Ratu, Sukadana
Lampung Timur - 34196
Telp. +62 (0) 725 7645024
Fax .+62 (0) 725 7645090
Email: program@waykambas.or.id, kabalai@waykambas.or.id

Kegiatan
Di Pusat Pelatihan Gajah (PPG) terdapat atraksi gajah setiap sore dan pertunjukan sepakbola gajah yang digelar setiap akhir pekan. Menunggang gajah sangat menyenangkan dengan wahana safari yang tersedia, barangkali dengan keberuntungan mungkin Anda bisa bertemu gajah liar. Pusat Pelatihan Gajah merupakan tempat pelatihan gajah, sedangkan Plang Ijo dirancang untuk memberikan informasi tentang hutan, satwa liar, dan isu-isu konservasi.
Berkunjung ke taman nasional ini merupakan kesempatan yang berharga, Anda bisa melepaskan kepenatan dari rutinitas kehidupan kota. Di Way Kanan terdapat jalan-jalan yang memandu Anda untuk berkeliling. Anda tidak diperbolehkan masuk ke dalam hutan tanpa pemandu karena berbahaya dan bisa tersesat.
Kapal motor dapat disewa untuk menikmati indahnya pantai dengan perjalanan singkat dan harga yang sesuai. Jika Anda ingin berkeliling, sebuah sampan (perahu dayung) tersedia untuk disewa. Cara ini mungkin lebih cocok untuk melihat-lihat satwa liar.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Indonesia Travel
Copyright © 2013 - 2017. Indonesia Travel Information - All Rights Reserved
Template Edited by Bimasoft
Proudly powered by Blogger