Countdown until next update : n/a

System: Update Aborted

Home » , , » Telaga Warna Dieng, Wonosobo

Telaga Warna Dieng, Wonosobo

Written By BimaShop on Tuesday, October 22, 2013 | 10:40 AM



Dataran tinggi Dieng memiliki sejuta keindahan yang memukau. Kawasan ini selain dihiasi hijaunya pepohonan dan candi bercorak Hindu yang indah, juga berdiam sebuah bingkisan alam nan indah bernama Telaga Warna Dieng. Berlokasi di Kecamatan Kejajar Wonosobo, telaga ini merupakan salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk mencapainya dari Wonosobo Anda dapat berkendara sekira 25 km.

Harmonisasi alam dengan udara yang sejuk dan bersih membuat suasana Telaga Warna Dieng begitu memikat. Anda juga akan merasakan suasana mistis yang hening disempurnakan oleh kabut putih dan pepohonan yang melingkupinya. Tidaklah lengkap menyambangi Dieng tanpa melihat langsung keindahan Telaga Warna Dieng. Selain itu dari sini Anda dapat melanjutkan mengunjungi Telaga Pengilon, Goa Sumur, Goa Semar, Goa Jaran, dan Kawah Sikendang ini.
Dinamakan Telaga Warna karena fenomena alam yang terjadi di tempat ini yaitu berupa pergantian warna air dari telaga tersebut. Terkadang berwarna hijau dan kuning atau berwarna warni seperti pelangi. Fenomena ini terjadi karena di dalam air tersebut terdapat kandungan sulfur cukup tinggi sehingga saat sinar Matahari mengenainya maka warna air telaga nampak berwarna warni. Anda bisa menyaksikan di tengah telaga terdapat letupan air mendidih seperti yang ada di Kawah Putih (Jawa Barat).

Keberadaan Telaga Warna Dieng juga sangat berguna bagi masyarakat sekitar. Mereka menggunakannya sebagai sumber irigasi untuk mengairi tanaman kentang yang menjadi komoditas utama di kawasan ini.

Kegiatan
Anda dapat menyusuri tepian telaga ini dan ada juga balkon kecil untuk duduk bersantai sambil menikmati udara dan keanekaragaman fenomena alam yang mengelilinginya. Lokasi paling tepat untuk menikmati keindahan telaga ini selain berada tepat di hadapannya adalah Anda juga bisa mendaki ke puncak bukit yang memagari telaga. Kondisi menuju bukit ini cukup sempit dan licin dan hanya bisa dilalui oleh satu orang saja. Di sini, di antara rimbunnya pepohonan, Anda bisa menyaksikan keindahan telaga berwarna-warni ungu cantik, bergradasi dengan warna hijau di tengah, dan hijau pucat di pusat telaga.

Dieng Plateau Theater menyediakan informasi lengkap mengenai kejadian alam di sekitar Dieng, jadi sempatkan untuk menyambanginya.

Tidak jauh dari bukit itu terdapat telaga cantik lainnya yatiu Telaga Pengilon. Telaga ini dapat digunakan untuk bercermin karena airnya yang jernih. Penduduk setempat menyebutkan bahwa danau ini bisa mengetahui isi hati manusia. Anda mungkin penasaran, mengapa tidak mencoba datang dan lihat rupa wajah Anda di air telaga ini.

Di sekitar Telaga Warna Dieng tedapat beberapa gua yang juga patut untuk dikunjungi seperti Gua Semar Pertapaan Mandalasari Begawan Sampurna Jati. Di depan gua ini terdapat arca wanita dengan membawa kendi. Gua ini juga memiliki kolam kecil yang airnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat kulit jadi lebih cantik. Ada juga Gua Sumur Eyang Kumalasari, danGua Jaran Resi Kendaliseto. Selain itu, ada pula Batu Tulis Eyang Purbo Waseso. Gua-gua di sekitar kawasan ini sering dijadikan sebagai tempat meditasi.

Transportasi
Telaga Warna adalah tujuan wisata di kawasan wisata Dieng, Kecamatan Kejajar Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Cara termudah untuk menuju tempat ini dengan mengendarai mobil berjarak sekira 3 jam dari Yogyakarta atau 25 km dari Wonosobo.

Apabila Anda menggunakan transportasi umum maka dapat menggunakan bus dari Yogyakarta ke Magelang lalu ke Wonosobo. Dari Wonosobo, gunakan minibus menuju Dieng. Kawasan Dieng dapat dijangkau dengan berjalan kaki dari Desa Dieng. Jika Anda mengendarai mobil maka Anda tersedia area parkir.

Untuk menuju Telaga Warna Dieng, Anda bisa menggunakan jasa ojek yang tersedia di sekitar Dieng. Akan tetapi, jika Anda merasa berjiwa petualang maka bisa berjalan kaki sambil menikmati indahnya pemandangan Dieng yang memesona.

Akomodasi
Banyak wisatawan menginap di Wonosobo menyempatkan diri berjalan-jalan seharian di kawasan Dieng. Akan tetapi, apabila Anda lebih memilih untuk bermalam di Dieng maka terdapat homestay dengan beragam fasilitas dan harga. Anda juga dapat tinggal di rumah penduduk yang dapat disewa dengan harga relatif murah.


Kuliner
Tidak tersedia fasilias kuliner di sekitar Talaga Warna Dieng jadi disarakan membawa perbekalan sendiri. Jika Anda ingin pilihan kuliner lain maka setelah atau dan sebelum menuju Telaga Warna Dieng sempatkan mampir di sepanjang jalan. Di sana terdapat warung makan dan umumnya adalah bakso, soto dan makanan sejenis lainnya.

Di Dieng terdapat minuman khas penghangat badan yang biasa disebut purwaceng. Ada juga purwaceng kopi, susu dan purwaceng akar. Ketiganya mempunyai khasiat sama yaitu untuk menghangatkan badan.

Tips
1. Bawa perbekalan yang mungkin Anda butuhkan selama pejalanan dan ketika berada di lokasi telaga.
2. Jangan lupa sisipkan pakaian hangat di dalam tas Anda.
3. Disarankan untuk meninggalkan kawasan Dieng sebelum malam hari karena Dieng mulai ditutupi kabut yang tebal sejak sore hari.
4. Di Gua Semar dan Gua Sumur dipagari pintu masuknya, dan perlu izin dari juru kunci.
5. Telaga ini dianggap sebagai tempat sakral dan dianjurkan untuk menjaga tutur kata selama berada di kawasan ini.
6. Jangan membuang sampah sembarangan demi kebersihan dan keberlangsungan wisata di kawasan Telaga Warna Dieng.
Share this article :

+ comments + 1 comments

September 29, 2017 at 8:03 AM

amazing................

Post a Comment

 
Support : Indonesia Travel
Copyright © 2013 - 2017. Indonesia Travel Information - All Rights Reserved
Template Edited by Bimasoft
Proudly powered by Blogger