Countdown until next update : n/a

System: Update Aborted

Home » , » Sail Raja Ampat 2014

Sail Raja Ampat 2014

Written By BimaShop on Thursday, August 21, 2014 | 10:12 AM

Sebagai tujuan wisata bahari paling memukau di Tanah Air, Raja Ampat bersiap untuk menghelat event Sail Raja Ampat 2014. Kegiatan yang pastinya sayang untuk dilewatkan tersebut puncaknya akan berlangsung di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC) Raja Ampat pada 23 Agustus 2014. Sail Raja Ampat ini diselenggarakan lebih maju dibandingkan dari tahun-tahun sebelumnya dan merupakan Sail Indonesia yang terakhir di era Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II Presiden Susilo Bambang Yuhoyono.

Raja Ampat sendiri terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan sail Indonesia yang ke-6, sebelumnya ada Sail Bunaken, Sail Banda, Sail Wakatobi, Sail Morotai, dan Sail Komodo.Seperti biasanya event sail ini akan menghadirkan berbagai kegiatan seperti bakti sosial bagi warga sekitar Raja Ampat, seminar nasional, ekspedisi, reli kapal yacht, dan acara puncaknya di WTC.

Setidaknya ada 20 kegiatan dalam Sail Raja Ampat 2014 diantaranya pelayanan kesehatan, upacara bendera peringatan HUT RI ke-69, Gerakan Membangun Kampung, Lintas Nusantara Remaja, reli kapal layar, pemuda bahari, ekspedisi riset kelautan, aneka lomba, pameran, diplomatic tour, dan juga pembangunan 1.000 unit rumah layak huni.

Sail Raja Ampat 2014 merupakan event internasional tahunan bertema kelautan yang meformulasikan kegiatan pelayaran di wilayah laut. Aktivitas berbasis kelautan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian daerah terutama sektor pariwisata bahari. Sejumlah kementerian/lembaga pun terlibat menyinergikan program sehingga dapat mendorong percepatan pembangunan pariwisata bahari di wilayah Papua Barat. Melalui pembangunan pariwisata bahari ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Papua Barat dan wilayah sekitarnya.

Segala persiapan terus dilakukan sejak November 2013. Termasuk di dalamnya Pemerintah setempat bersama masyarakat menyediakan 500 unit kamar dari rumah mereka untuk digunakan tamu Sail Raja Ampat dari total 1.200 kamar yang dibutuhkan. Bagai warga sekitar sendiri, Sail Raja Ampat 2014 akan lebih menarik dibandingkan acara serupa tahun sebelumnya dari berbagai tempat karena lokasi puncak acara sangat dekat dengan pantai sehingga para pengunjung dapat lebih dekat melihat parade kapal.

Secara khusus, berikut ini adalah 7 Agenda Sail Raja Ampat 2014:

- Upacara Bendera Peringatan HUT RI ke-69: 17 Agustus 2014 di Waisai, Raja Ampat.
- Pentas Budaya Festival Raja Ampat: 18 Agustus 2014
- Pameran Potensi Daerah: 19-23 Agustus 2014 di Lapangan Bola Kota Waisai, Raja Ampat
- Diplomatic Tour: 20-22 Agustus 2014 di spot lokasi wisata Raja Ampat
- Tour VIP untuk menteri dan kepala lembaga negara: 21 Agustus 2014 dengan mengunjungi tujuan pembangunan di Raja Ampat
- Tour VVIP untuk presiden dan rombongan: 22 Agustus 2014
- Acara Puncak: 23 Agustus 2014 di Pantai Waisai Torang Cinta, Kota Waisai


Keindahan alam dan panorama laut di Kepulauan Raja Ampat yang memiliki sekira 1.700 pulau akan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Pecinta wisata bawah laut dari seluruh dunia datang ke Raja Ampat untuk menikmati pemandangan bawah laut terbaik di dunia yang mengagumkan dimana di sinilah rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Kekayaan biota tersebut telah menjadikan Raja Ampat sebagai perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia. Bahkan, menurut laporan The Nature Conservancy dan Conservation International, ada sekitar 75% spesies laut dunia tinggal di pulau yang menakjubkan ini.

Untuk mencapai Raja Ampat, Anda dapat memanfaatkan penerbangan dari Jakarta dan kota besar lainnya di Indonesia bagian Timur yang menuju ke Sorong. Pilihan bijak apabila Anda menggunakan jasa operator seperti yang dilakukan para penikmat wisata bahari saat menyambangi ke Raja Ampat. Anda tidak perlu mahir menyelam untuk mengikuti tur menyelam ini, karena agen perjalanan wisata menyediakan tur bagi penyelam dan bukan penyelam. Alternatif lain menuju Raja Ampat adalah menggunakan feri yang berangkat setiap hari dari Sorong ke Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat di Pulau Waigeo. Feri berangkat dari Sorong pukul 13.00, perjalanan dari Sorong ke Waisai memakan waktu sekira 1,5 sampai 2 jam. Feri kembali ke Sorong dari Waisai pukul 11.00. Di Sorong juga tersedia speedboat yang dapat disewakan apabila Anda ingin berkeliling.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Indonesia Travel
Copyright © 2013 - 2017. Indonesia Travel Information - All Rights Reserved
Template Edited by Bimasoft
Proudly powered by Blogger