Countdown until next update : n/a

System: Update Aborted

Home » , » Lombok Sumbawa Pearl Festival 2015

Lombok Sumbawa Pearl Festival 2015

Written By BimaShop on Monday, August 31, 2015 | 7:50 PM

Waktu: 18 Agustus - 16 September 2015



Lombok Sumbawa Pearl Festival kembali hadir untuk memamerkan bagaimana kekayaan mutiara Nusantara. Kegiatan ini akan berlangsung di Hotel Santosa Kawasan Senggigi, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, pada 18 Agustus hingga 16 September 2015. Acara yang rutin digelar setiap tahun ini terselenggara atas kerja sama Kementerian Pariwisata bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB serta didukung Asosiasi Budidaya Mutiara Indonesia.


Selain mempertemukan antara sellers mutiara dari NTB NTT, Bali Maluku, dan Papua dengan buyers mutiara dari berbagai negara, pameran ini juga menghadirkan perusahaan perhiasan mutiara dan UKM pengrajin mutiara Nusantara. Beberapa negara yang biasa telibat dalam acara ini adalah Hongkong, Jepang, Singapura, Philipina, Tahiti, Australia, dan Tiongkok. Panitia Festival Mutiara Lombok dan Sumbawa menargetkan, jumlah transaksi selama pameran lebih dari 2 miliar rupiah.

Dalam festival ini akan ada beberapa kegiatan pendukung seperti pemilihan puteri mutiara, lelang mutiara dan pameran mutiara. Serangkaian acara akan dihelat seperti Mataram Carnival, Pentas Seni Daerah, Pekan Tenun Lombok Sumbawa, Pekan Tenun Lombok Sumbawa, Pameran Ekonomi Kreatif, Dialog Budaya, Pentas Seni ISI Yogyakarta, bedah buku sastra NTB dan pertunjukan sastra, serta aneka permainan anak tradisional berupa gasing, barapan ayam, selodor, dan peresean.

Produk mutiara telah menjadi ikon daya tarik destinasi pariwisata yang menjadi salah satu unsur penggerak motivasi kunjungan wisatawan ke Indonesia, khususnya ke daerah-daerah penghasil mutiara. Hingga saat ini potensi budidaya mutiara di Tanah Air tersebar luas di sejumlah tempat seperti Lombok, Maluku, Ternate dan Papua. Hasilnya sendiri telah diekspor ke AS, Jepang, Swiss dan Italia.

Di NTB sendiri nilai investasi budidaya mutiara dikelola adalah dari Perusahaan Milik Asing dan puluhan Perusahaan Dalam Negeri dengan total investasi ratusan milyar rupiah. Investasi tersebut telah berdampak kepada penyerapan tenaga kerja masyarakat lokal. Perusahaan pembudidayaan mutiara di NTB umumnya tersebar di Kabupaten Lombok Barat dengan tiga perusahaan di Kecamatan Sekotong. Disusul Lombok Timur, dengan 11 perusahaan tersebar di Jerowaru, Pringgabaya, dan obel-obel.


Lombok Sumbawa Pearl Festival digelar dengan tujuan memomulerkan Lombok dan Sumbawa sebagai penghasil mutiara berkualitas dunia sekaligus menumbuhkan kebanggaan masyarakat terhadap mutiara Indonesia. Saat ini, mutiara di Tanah Air justru mulai terdesak oleh mutiara dari luar yang kualitasnya justu di bawah dari mutiara dalam negeri. Kegiatan ini pula diarahkan agar dapat menggerakkan perekonomian rakyat dan meningkatkan kunjungan ke daerah penghasil mutiara.

Informasi dan keterangan silakan hubungi pihak berikut.

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat
Jl. Lengko 70, Mataram 21868
Telp. +62 0370 637174
Website: http://www.ntb.go.id
Email:admin@disbudpar.ntbprov.go.id


Share this article :

Post a Comment

 
Support : Indonesia Travel
Copyright © 2013 - 2017. Indonesia Travel Information - All Rights Reserved
Template Edited by Bimasoft
Proudly powered by Blogger