Countdown until next update : n/a

System: Update Aborted

Home » , » Tempat Wisata Alam, Sejarah, dan Budaya, di Kabupaten Kebumen

Tempat Wisata Alam, Sejarah, dan Budaya, di Kabupaten Kebumen

Written By BimaShop on Saturday, September 21, 2013 | 7:51 PM

tempat wisata kebumen Kebumen adalah salah satu Kabupaten di provinsi Jawa Tengah, bagian selatan. Luas Kabupaten Kebumen sendiri adalah 1.281,11 km² dengan kondisi beberapa wilayah merupakan daerah pantai dan pegunungan, namun sebagian besar merupakan dataran rendah. Oleh karena itu, Kebumen terkenal mempunyai banyak tempat wisata pantai yang indah. Namun di Kebumen tidak hanya memiliki pantai sebagai tempat wisata alam, tapi juga mempunyai tempat-tempat wisata peninggalan sejarah dan budaya. Apa saja ? Kita simak tempat-tempat wisata di Kabupaten Kebumen.



1. Arung Jeram Padegolan
tempat wisata kebumen
Bendungan Wadaslintang
Wisata Kebumen dimulai di Desa Sendang Dalem, Prembun, kawasan Waduk Wadas Lintang, dengan air jernih, sungai berkelok dengan batu-batu besar dan jeram yang membutuhkan ketrampilan, titik akhir di Bendungan 
Pejengkolan.


(*Klik gambar untuk memperbesar)


2. Benteng Van Der Wijck
tempat wisata kebumen
Benteng Vander Wijck
Wisata selanjutnya di Kabupaten Kebumen, di Kota Gombong tepatnya, 21 km dari Kota Kebumen, dengan luas 3607 m2 di bagian atas dan bawah, yang dibangun Belanda pada abad ke-18. Tinggi Benteng mencapai 10 m, dengan cerobong hingga 3 m, dan terdapat 16 barak yang digunakan prajurit Belanda semasa penjajahan.



3. Gua Jatijajar
tempat wisata kebumen
Patung di dalam Goa jatijajar
Wisata Kebumen lainnya terdapat di kaki pegunungan kapur, 21 Km dari Gombong, dengan stalaktit dan stalagmit indah. Jika di total, panjang goa seluruhnya bisa mencapai 250 m, dengan diterangi temaram cahaya dari lampu listrik, dihiasi rangkaian patung yang menggambarkan legenda Raden Kamandaka, serta empat buah mata air jernih. Di area ini terdapat pula Goa Intan, Goa Dempok, dan Pulau Kera. HTM untuk Dewasa Rp.7.500, dan anak-anak Rp. 4.500


4. Gua Petruk
tempat wisata kebumen
Stalagtit dalam Goa
Wisata Kebumen selanjutnya terdapat di Dukuh Mandayana, Desa Candirenggo, 6 Km dari Gua Jatijajar. Suara tetesan air kapur disini tak pernah berhenti. Stalaktitnya sungguh sangat indah, menyerupai Semar, bapak jenggot, anjing duduk serta, maaf, payudara wanita, yang bisa dijangkau oleh tangan Anda.




5. Klenteng Kong Hwie Kiong
tempat wisata kebumen
Klenteng Kong Hwie Kiong
Menuju wisata Kebumen lainnya yang terdapat di Jln. Pramuka No. 41, Kebumen, dibangun Klenteng Kong HwieKiong oleh para pedagang Cina pada 1898. Klenteng ini dulu pernah terbakar pada tahun 1947 dan dipugar kembali pada 1969. Tuan rumahnya Thian Siang Seng Boo, Dewi Penguasa Laut.



6. Masjid Saka Tunggal
tempat wisata kebumen
Masjid Saka Tunggal Kebumen
Berlanjut ke Desa Pekuncen, Kecamatan Sempor, sekitar 15 km dari kota Gombong, terdapat sebuah Masjid yang dikenal masjid Saka Tunggal (Soko Tunggal), yang diyakini merupakan masjid tertua di Kebumen. masjid ini dibangun sekitar tahun 1719 pada masa Adipati Mangkuprojo.

(*Klik gambar untuk memperbesar)



7. Pantai Logending
tempat wisata kebumen
Pelabuhan Pantai Logending, Kebumen
Wisata Alam berupa pantai di Kabupaten Kebumen, dapat Anda temui di Kecamatan Ayah, 9 Km dari Goa Jatijajar. Dengan tepian pantai luas yang bisa Anda nikmati dengan menyewa perahu menyusuri muara Sungai Bodo, serta menyaksikan keindahan matahari tenggelam pada sore harinya.
(*Klik gambar untuk memperbesar)


8. Pantai Karangbolong
tempat wisata kebumen
Pantai Karangbolong, Kebumen
Wisata alam berupa pantai lainnya di kabupaten Kebumen terdapat di 40 km dari pusat kota, dengan pantai landai luas berpasir kelabu, ada Gua Karangbolong sepanjang 30 m, dengan lebar 10 m dan tinggi 5 m, berumur berkisar 15-30 juta tahun yang menjadi tempat sarang burung walet.
(*Klik gambar untuk memperbesar)


9. Pantai Petanahan
tempat wisata kebumen
Ombak Pantai Petanahan, Kebumen
Wisata Kebumen berupa pantai indah terdapat di Desa Karanggadung, Kec Petanahan, sekitar 17 Km dari Kota Kebumen. Dengan gelombang ombak pantai selatan yang besar dan berkejaran tanpa henti dengan debur yang keras membuat pikiran menjadi segar kembali.
(*Klik gambar untuk memperbesar)


10. Pantai Tanjung Bata dan Pantai Menganti
tempat wisata kebumen
Batu Karang di Pantai Menganti
Wisata Kebumen yang berjarak sekitar 7 Km dari Pantai Ayah, dengan pasir putih, karang terjal yang menyerupai batu raksasa dan perbukitan; dicapai dengan berjalan kaki sejauh 3 Km dari lokasi parkir kendaraan

Klik tautan ini untuk melihat lebih keindahan pantai menganti



11. Pantai Suwuk
tempat wisata kebumen
Gerbang Objek Wisata Pantai Suwuk
Wisata Kebumen ini berada di desa Suwuk Kecamatan Puring. Lokasi wisatanya bersebelahan dengan Pantai Karangbolong

Perlu diketahui bahwa tempat wisata di atas mungkin hanya sebagian dari banyaknya tempat wisata di Kabupaten Kebumen.


sumber gambar: http://www.google.co.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Indonesia Travel
Copyright © 2013 - 2017. Indonesia Travel Information - All Rights Reserved
Template Edited by Bimasoft
Proudly powered by Blogger