Countdown until next update : n/a

System: Update Aborted

Home » » APEC Economic Leaders Week 2013 Dibuka di Bali

APEC Economic Leaders Week 2013 Dibuka di Bali

Written By BimaShop on Friday, October 4, 2013 | 7:47 PM

Sejumlah pemimpin dan menteri dari 21 negara anggota APEC akan berkumpul di Bali pada 1-8 Oktober 2013. Pertemuan tingkat tinggi tersebut dalam rangka revitalisasi perdagangan demi memulihkan perekonomian global, membuka lapangan kerja, dan menggerakkan ekonomi kawasan yang seimbang dan berkesinambungan. Negara kawasan APEC merupakan rumah bagi sekira 3 milyar jiwa, dan menyumbang 45 persen perdagangan global dan setengah dari total PDB.

Sebelumnya pertemuan APEC Senior Officials sudah dilangsungkan pada Rabu (2/10). Para pemimpin dan menteri dari anggota APEC bertemu untuk memfokuskan bahasan pada upaya penguatan perdagangan bebas dan investasi kawasan. Mereka juga membuka pembicaraan tentang penanganan ketidakadilan dan masalah lingkungan yang meningkat akibat transisi ekonomi, peningkatan konektivitas untuk memfasilitasi arus barang, manusia, dan modal antarnegara guna mendorong produktivitas yang lebih besar.

"Anggota APEC berkomitmen untuk membangun ekonomi Asia-Pasifik yang tangguh sebagai mesin pertumbuhan dan mengambil langkah-langkah praktis untuk mendukung terwujudnya tujuan ini," ujar Duta Besar Yuri Thamrin, selaku ketua APEC Senior Official.

"Para pemimpin dan menteri akan berkesempatan menilai upaya kami dalam memperkecil hambatan dan mengejar tujuan Bogor Goals untuk perdagangan bebas dan investasi di negara-negara kawasan pada tahun 2020," tambahnya.

"Komitmen yang mereka buat minggu ini akan memandu ekonomi APEC karena akan membahas isu ekonomi, membuat kebijakan yang membantu bisnis kecil untuk masuk ke ranah global, dan mengambil langkah strategis guna memastikan bahwa infrastruktur sudah tepat sehingga kerjasama yang terjalin bisa mendatangkan keuntungan.

Para menteri akan bertemu pada 4-5 Oktober untuk menilai upaya dan ide yang muncul dari pembahasan APEC, proyek dan kerjasama ekonomi serta teknis kerjasama antar anggota, kementerian, sektor swasta, mitra regional dan institusi global.

Pemimpin ekonomi akan berkumpul bersama-sama pada 7-8 Oktober dalam dua retret untuk membahas kebijakan. Mereka juga akan bertemu dengan kepala industri dan mempertimbangkan rekomendasi mereka melalui dialog dua arah guna meningkatkan bisnis di kawasan.

“Pertemuan minggu ini diharapkan dapat memperbaiki kepercayaan terhadap ekonomi global dengan menetapkan dasar untuk meningkatkan perdagangan dan investasi, dan konsumsi domestik,” ujar Dr. Bollard yang akan membahas tren ekonomi terbaru dan agenda APEC pada konferensi di hari Kamis.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Indonesia Travel
Copyright © 2013 - 2017. Indonesia Travel Information - All Rights Reserved
Template Edited by Bimasoft
Proudly powered by Blogger