Countdown until next update : n/a

System: Update Aborted

Home » » Indonesia Suskes Gelar KTT APEC 2013, Ini Pesan Presiden

Indonesia Suskes Gelar KTT APEC 2013, Ini Pesan Presiden

Written By BimaShop on Saturday, October 12, 2013 | 9:28 PM


"Semuanya pulang harus tersenyum, itu pesan dari Presiden kita. Baik untuk semua staf pengamanan, penerimaan, media, mereka semua pulang harus tersenyum".

Indonesia, Bali, sukses menghelat Konferensi Tingkat Tinggi ekonomi anggota APEC pada 1-8 Oktober 2013 yang dipusatkan di kawasan Nusa Dua. Dengan kesuksesan penyelenggaraan APEC 2013 ini, selepasnya bisa jadi Bali tidak akan sama seperti dahulu karena citra yang positif.


Hal tersebut senada seperti diutarakan oleh Sekretaris Jenderal UNWTO, Taleb Rifai kepada Indonesia.travel. Bahwa Bali akan dikenang seperti Barcelona saat menjadi tuan rumah Olimpiade pada 1992. Bali tidak akan sama citranya setelah konferensi APEC. Masyarakat internasional akan melihat Bali sebagai tempat dimana para pemimpin dan delegasi dari kawasan Asia Pasifik telah bertemu muka dan membahas bersama berbagai permasalahan strategis untuk masa depan yang lebih baik.





Bali yang menjadi kebanggan Indonesia sebagai tujuan wisata turis mancanegara membuktikan kesiapan dan pelayanan prima selama KTT APEC. Dukungan MICE yang prima dan kultur budaya masyarakatnya juga telah memberikan kesan manis untuk para pemimpin dan delegasi ekonomi anggota APEC. Hal serupa juga termasuk bagi ribuan jurnalis internasional yang selama beberapa hari hilir mudik di kawasan Nusa Dua untuk memburu berita.

Sementara itu, terkait kesuksesan pengamanan selama KTT APEC, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda Iskandar Sitompul mengutarakan bahwa koordinasi dengan pasukan pengamanan para delegasi Pertemuan Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) 2013 telah berjalan lancar. Semuanya bekerja sama dengan baik sehingga KTT APEC sukses digelar.

Iskandar menyampaikan bahwa seperti juga koordinasi informasi berita bagi jurnalis melalui Joint Editors, pengamanan APEC kali ini juga menerapkan model baru, yakni Panglima Komando Operasi Gabungan Pengamanan (Pangkopgabpam). Model ini juga kemungkinan akan diadopsi oleh Panitia APEC 2014, yaitu China.



Pelaksanaan KTT APEC di Bali memang tidak hanya diambilalih oleh TNI tetapi juga dengan melibatkan elemen masyarakat adat Bali, seperti tokoh masyarakat dan pecalang. Pemberdayakan komponen masyarakat setempat tersebut telah dijalankan dengan optimal terlebih aktivitas masyarakat Bali umumnya terkait jasa kepariwisataan. Oleh karenanya, mereka sadar bila kegiatan acam APEC 2013 berjalan lancar dan aman maka ke depan akan memberikan keuntungan bagi masyarakat setempat sendiri dengan semakin banyaknya kunjungan wisatawan.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Indonesia Travel
Copyright © 2013 - 2017. Indonesia Travel Information - All Rights Reserved
Template Edited by Bimasoft
Proudly powered by Blogger