Countdown until next update : n/a

System: Update Aborted

Home » , » Mandiri Jakarta Marathon 2013

Mandiri Jakarta Marathon 2013

Written By BimaShop on Sunday, October 27, 2013 | 1:36 PM

Datanglah ke Jakarta pada Minggu 27 Oktober. Pada hari tersebut, beberapa titik jalan di Jakarta akan dipadati ribuan pelari yang berpartisipasi dalam Mandiri Jakarta Marathon yang baru kali pertama digelar. Rute marathon akan melewati jalur lalu lintas yang biasanya dipadati kendaraan. 

Meskipun hari Minggu jalan utama di sepanjang Sudirman dan Thamrin ditutup karena menjadi lokasi car free day, akan banyak jalan utama lain yang akan diblokir untuk mendukung marathon ini. Warga Jakarta akan mendapat pemberitahuan awal mengenai jalur yang akan ditutup dan disarankan untuk menghindarinya.

Mandiri Jakarta Marathon akan dimulai pukul 05.00 WIB pagi hingga pukul 12.00 WIB. Sementara itu, polisi akan mengamankan sebagian besar jalan utama Jakarta dari kendaraan bermotor mulai pukul 02.00 WIB dini hari. Polisi lalu lintas terpaksa bertugas mulai dini hari demi mendukung penutupan jalan jalan tersebut.

Marathon ini akan terdiri dari enam kategori yaitu: Full Marathon (42 km), Half Marathon (21 km), 10K, 5K, kursi roda, dan sprint untuk anak-anak. Sekitar 5.000 hingga 10.000 pelari dari 15 hingga 20 negara diharapkan berpartisipasi dalam Mandiri Marathon Jakarta. Para pelari akan bersaing untuk memenangkan total hadiah Rp4 miliar.

Garis start ada di Monumen Nasional. Dari sana, pelari akan melintasi Jalan Budi Kemuliaan - Jalan Abdul Muis - Jalan Majapahit - Harmoni - kemudian ke Jalan Gajah Mada - melewati Glodok - menuju Museum Fatahillah. Setelah itu, kembali ke pusat kota melalui Jalan Hayam Wuruk - melewati Jalan Juanda, di belakang Istana Presiden dan Masjid Istiqlal. Pelari akan melanjutkan berlari melalui Jalan Pos melewati Teater Jakarta - melalui Katedral Katolik - kemudian kembali ke Medan Merdeka Barat . Dari sana, jalur akan terus ke Jalan Thamrin - Jalan Imam Bonjol - HOS Cokroaminoto - dan ke Kuningan Gatot Subroto. Kemudian memutar di Pancoran untuk kembali ke Jalan Gatot Subroto kompleks olahraga Senayan melalui Gerbang Pemuda - mengambil Jalan Asia Afrika - menuju Kebayoran melalui Jalan Hang Tuah - Jalan Kyai Maja - Jalan Sisingamaraja - dan akhirnya kembali ke Sudirman - Jalan Thamrin - untuk mencapai garis finish di Monumen Nasional.

Dalam pertemuan antara Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja, Gubernur menjelaskan bahwa Jakarta akan mendirikan 17 panggung pertunjukan budaya di sepanjang rute serta menyediakan air dan pisang untuk pelari. Disebutkan pula bahwa jalur lalu lintas akan dialihkan di beberapa titik, sementara itu sekira 3.600 personel keamanan mulai dari polisi, tentara, dan lainnya akan berjaga-jaga.

Sapta Nirwandar mengungkapkan harapannya bahwa Mandiri Jakarta Marathon menjadi acara tahunan. Event seperti ini akan menjadi kesempatan untuk mempromosikan Jakarta mengingat event ini akan dihadiri peserta dari berbagai negara dan akan diliput oleh banyak media baik asing dan domestik.

Jalur Full Marathon (42 km) akan mengambil rute berikut :


Share this article :

Post a Comment

 
Support : Indonesia Travel
Copyright © 2013 - 2017. Indonesia Travel Information - All Rights Reserved
Template Edited by Bimasoft
Proudly powered by Blogger