Countdown until next update : n/a

System: Update Aborted

Home » , , » Tugu Nol Kilometer, Sabang, Aceh

Tugu Nol Kilometer, Sabang, Aceh

Written By BimaShop on Saturday, September 7, 2013 | 10:30 PM

tugu nol kilometer sabang acehSlogan terkenal 'Dari Sabang sampai Merauke’ dipopularkan Presiden Soekarno dari ucapan seorang perwira Belanda bernama Jenderal J.B. van Heutsz saat mengklaim kemenangannya dalam Perang Aceh tahun 1904, yaitu “Vom Sabang tot Merauke". Sabang dan Merauke adalah dua kota di ujung paling barat dan paling timur Indonesia yang kini sama-sama memiliki tugu nol kilometer.

Tugu Nol Kilometer RI atau biasa disebut Monumen Kilometer Nol merupakan sebuah penanda geografis yang unik di Indonesia. Hal ini berkaitan perannya sebagai simbol perekat Nusantara dari Sabang di Aceh sampai Merauke di Papua. Tugu ini bukan saja menjadi penanda ujung terjauh bagian barat di Indonesia tetapi juga menjadi objek wisata sejarah bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Lokasi tugu ini terletak di areal Hutan Wisata Sabang tepatnya di Desa Iboih Ujong Ba’u, Kecamatan Sukakarya, sekitar 5 km dari Pantai Iboih. Letaknya di sebelah barat kota Sabang sekitar 29 kilometer atau memakan waktu sekitar 40 menit berkendara.

Datanglah ke ujung barat Indonesia ini untuk menapakkan kaki Anda di atas titik kilometer nol yang terbuat dari semen berbentuk lingkaran berdiameter 50 centimeter. Berdirilah di atasnya lalu abadikan fakta historis yang sifatnya pribadi itu. Dengan menyambangi tempat ini juga Anda nantinya akan mendapat sertifikat dari agen penjalanan resmi mana pun di Sabang sebagai bukti pernah berdiri di titik nol kilometer Indonesia.

Sebuah lagu nasional karya R. Surarjo awalnya bersyair "Dari Barat sampai ke Timur, berjajar pulau-pulau", tetapi bait tersebut kemudian diubah atas masukan Presiden Soekarno tahun 1960-an saat mempersatukan Irian Barat ke NKRI. Perubahannya menjadi Dari Sabang sampai Merauke, berjajar pulau-pulau’. Kebanggaan itu terus berakar, menanamkan kesan kuat bahwa batas barat negara Indonesia ialah Kota Sabang dan di sisi timurnya ialah Kota Merauke.

Tugu adalah simbol pengenang dimana arti pentingnya justru sering kali terlupakan dan bahkan diremehkan dengan cara tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, selayaknya warga negara yang baik turut menjaga keberadaannya dengan tidak melakukan aksi vandalisme seperti mencorat-coret fasilitas atau pun merusak fasilitasnya.

tugu nol kilometer sabang aceh

Tugu kilometer Nol adalah sebuah bangunan setinggi 22,5 meter dengan bentuk lingkaran berjeruji. Bagian tugu dicat putih dan bagian atas lingkaran menyempit seperti mata bor. Puncak tugu ini terdapat patung burung Garuda menggenggam angka nol dilengkapi prasasti marmer hitam yang menunjukkan posisi geografisnya.
Di lantai pertama monumen terdapat sebuah pilar bulat dan terdapat prasasti peresmian tugu yang ditandatangani Wakil Presiden Try Sutrisno, pada 9 September 1997. Di lantai kedua terdapat sebuah beton bersegi empat dimana tertempel dua prasasti yaitu prasasti pertama ditandatangani Menteri Riset dan Teknologi/Ketua BPP Teknologi BJ. Habibie, pada 24 September 1997. Dalam prasasti itu bertuliskan penetapan posisi geografis KM-0 Indonesia tersebut diukur pakar BPP Teknologi dengan menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS). Prasati kedua menjelaskan posisi geografis tempat ini yaitu 05
o 54" 21,99 Lintang Utara - 95o 12" 59,02" Bujur Timur. Data teknis berdirinya tugu ini tertoreh di atas lempeng batu granit yang menyebutkan “Posisi Geografis Kilometer 0 Indonesia, Sabang. Lintang: 05o 54’ 21.42” LU. Bujur: 95o 13’ 00.50” BT. Tinggi: 43.6 Meter (MSL). Posisi Geografis dalam Ellipsoid WGS 84”


tugu nol kilometer sabang aceh
tugu nol kilometer sabang aceh
Tugu Nol Kilometer Sabang sebenarnya tidak dipancangkan persis di garis terluar sisi barat wilayah Indonesia. Sebenarnya secara teknis, masih ada pulau di sisi paling barat Indonesia yaitu Pulau Lhee Blah, berupa pulau kecil di sebelah barat Pulau Breuh. Hal ini sama terjadi dengan pulau paling selatan yaitu Pulau Rote, walau secara teknis Pulau N’dana ialah pulau paling selatan di Indonesia.

Tugu Nol Kilometer di Sabang memiliki kembarannya yaitu di Merauke, tepatnya di Distrik Sota, Kabupaten Merauke, sekira 75 kilometer dari pusat Kota Merauke dan 3 kilometer dari Tugu perbatasan dengan Negara Papua New Guinea.

Kegiatan


Pesona alam laut dan hutan tropis di Sabang sepanjang perjalanan menuju tempat ini akan memberikan kesan yang menggetarkan sanubari. Anda juga dapat melihat hewan liar seperti kera ekor panjang yang senantiasa 
menunggu diberi makanan oleh pengunjung.
Pemandangan dari atas tugu sungguh sangat menawan dimana membentang samudera lepas yang seakan tak terbatas. Mengapa tidak tunggulah hingga Matahari larut di birunya air laut Samudera Hindia. Menikmati sunset di ujung paling barat kepulauan di Indonesia ini tak mungkin tersandingkan dengan pengalaman sunset serup di bagaian lainnya kecuali Tugu Nol Kilometer di Merauke.

Di sini akan Anda dapati banyak kera ekor panjang yang menjadi penguasa wilayahnya bersama seekor babi hutan yang dinamai masyarakat setempat sebagai 'Bro'. Kedua jenis hewan ini terbilang jinak tetapi Anda tetap perlu berhati-hati terutama terhadap kera yang mengincar makanan yang Anda bawa.

Transportasi

tugu nol kilometer sabang aceh
Pelabuhan Balohan, 10 km dari Kota Sabang terhubung dengan Pelabuhan Ulee Lheue di Banda Aceh. Dua buah kapal feri beroperasi setiap harinya menyebrangi lautan sekitar 2 jam dibantu satu buah feri cepat KM. Pulo Rondo selama 45 menit. Ongkosnya sekitar Rp60.000,- per orang untuk feri cepat.

Berkeliling
Sabang dapat dijelajah dalam 1-2 hari. Petin Layeu, Pantai Kasih, Pantai Iboih, Wisata Bahari Pantai Gapang, dan Taman Laut Pulau Rubiah merupakan beberapa daya tarik wisata lainnya yang bisa dikunjungi selama Anda berlibur di Sabang.

Anda bisa menyewa mobil atau motor agar petualangan menjadi lebih mudah. Berkeliling dengan sepeda atau motor akan menjadi sensasi yang menarik dan berkesan.

Berbelanja
Beberapa souvenir menarik dapat Anda temukan di Jalan Perdagangan, Sabang, seperti cenderamata dari batok kelapa hasil buah tangan masyarakat Desa Ie Meulee-Ujung Kareung.
Oleh-oleh untuk Anda yang modis mengapa tidak membeli kaos t-shirt berdesain unik khas tagline kata-kata unik tentang Sabang di sebuah distro di Jalan Cut Mutia. Toko tersebut bernama Piyoh.

Ada beragam aneka kudapan khas Sabang di Gampong Wisata Aneuk Laot. Di sini dijual kue kara, sepet kue, dodol, dan peuajoh aceh.

Kuliner
Bergegaslah sedikit ke arah selatan, di Pantai Iboihn dan Pantai Gapang marak akan Anda temukan beberapa café dan restoran yang menyajikan makanan khas Aceh dan Eropa. Makanan dan minuman di Pantai Iboih terhitung cukup lezat dengan harga terjangkau.

Perlu diperhatikan mengingat Sabang bagian dari Provinsi Aceh maka tetap berlaku Hukum Syariah Islam. Oleh karena itu secara keseluruhan makanan dan minuman diharuskan halal terkecuali untuk wisatawan mancanegara tersedia minuman ber-alkohol.

Akomodasi
Lokasi terdekat untuk akomodasi ke tampat ini adalah Pantai Iboih dan Pantai Gapang. Akan tetapi, Sabang sendiri secara keseluruhan memiliki banyak pilihan akomodasi yang dapat dijelajahi dalam 1-2 hari. Berikut ini referensi akomodasinya untuk Anda.
Hotel Sabang Hill
Jl. Iskandar Muda
Telp: +62652 21344


Guest House Pantai Kasih
Jalan Sultan Hasanuddin, No.10, Sabang
Telp : +62652 21066
Mobile: +62813 7734 7444
Phone: +62-652-21066
Web: www.pantaikasih.com


Sabang Guest House
Jl. Teuku Umar No.23-25
Kota Bawah, Sabang
Telp/fax: +62-652-21186


Holiday Hotel
Jln. Perdagangan Belakang
Kota Bawah – Sabang
Telp : +62-652-21131


Losmen Sabang Merauke
Jl. Teuku Umar No. 126
Kota Bawah, Sabang
Telp: +62-652-21256


Hotel Kartika
Jl. Teuku Umar No. 21
Kota Bawah, Sabang
Telp: +62-652-21344


Hotel Sabang Jaya
Jl. Teuku Umar No. 17-19
Kota Bawah, Sabang
Telp: +62-652-22168


Kartini Home Stay
Jl. Teuku Umar no. 25
Kota Bawah, Sabang
Telp: +62-652-21256


Losmen Irma
Jl. Seulawah No. 3, Sabang
Telp: +62-652-21148


Wisma Zahira
Jl. Sultan Hasanuddin, Sabang
Telp: +62-652-22444


Freddie Santai Sumur Tiga
Tel: +62 (813) 6025 5001
E-mail: Santaisumurtiga@yahoo.com.
Web: http://www.santaisumurtiga.com


Casa Nemo
Pantai Sumur Tiga
Tel: +62 813 6038 0104 or +62 813 6299 9942
Web: http://www.casanemo.com


Photo: Tugu Nol Kilometer
tugu nol kilometer sabang acehtugu nol kilometer sabang




Share this article :

+ comments + 1 comments

August 19, 2019 at 12:22 PM

lengkap sekali infonya coba disertai dengan harga akomodasinya, pasti lebih lengkap lagi :)


Info cpns

Post a Comment

 
Support : Indonesia Travel
Copyright © 2013 - 2017. Indonesia Travel Information - All Rights Reserved
Template Edited by Bimasoft
Proudly powered by Blogger