Countdown until next update : n/a

System: Update Aborted

Home » » Pawai Budaya Nusantara Menyambut HUT ke-68 RI

Pawai Budaya Nusantara Menyambut HUT ke-68 RI

Written By BimaShop on Friday, August 30, 2013 | 1:57 PM



Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono dan Ibu Herawati Boediono menyaksikan Pawai Budaya Nusantara di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (18/8). Pawai Budaya Nusantara digelar sebagai salah satu rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-68 dan dijadwalkan akan rutin digelar setiap 18 Agustus.

Pawai dimulai sekitar pukul 13.30 WIB, dengan rute dimulai dari sisi Timur Monas menuju Istana negara, Jalan Merdeka Barat, Medan Merdeka Selatan dan kembali berkumpul di bilangan Monas. Peserta pawai berkesempatan menampilkan kesenian daerahnya selama kurang lebih 3 menit di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat melintasi Istana Negara.

Arak-arakan mobil hias, penari dan kontingen budaya memadati jalur pawai dan menjadi hiburan tersendiri bagi ribuan rakyat Jakarta yang hadir. Diperkirakan 4.000 seniman dari 33 provinsi terdiri atas pemusik, penyanyi, dan penari turut memeriahkan pawai tersebut.

Selain acara pawai, di malam hari digelar pertunjukan tarian tradisional dan modern di panggung utama Monas. Gerai-gerai makanan khas Jakarta juga turut hadir dalam kemeriahan perayaan HUT kemerdekaan RI.

Pawai Budaya Nusantara merupakan kerja sama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta. Pawai Budaya Nusantara diharapkan mampu menjadi perayaan tahunan dan merupakan puncak dari berbagai kegiatan pawai dan karnaval di berbagai daerah di Nusantara.

Dalam Pawai Budaya Nusantara 2013 yang bertema "Budaya Pemersatu Bangsa" ini terpilih 10 provinsi dengan penampilan terbaik, yaitu: DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jambi, Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Barat, dan Jawa Tengah. ‎

Dewan Juri memilih 10 penampil terbaik dengan mempertimbangkan beberapa kriteria, yakni konsep garapan, kreativitas, dan penampilan tim secara keseluruhan. Untuk kontingen budaya tersebut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan piala di akhir acara.

Pawai Budaya Nusantara merupakan rangkaian kegiatan seni dan budaya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-68 tahun 2013. Kegiatan ini melibatkan 4.000 seniman dari 33 provinsi yang terdiri atas pemusik, penyanyi, dan penari. Selain kontingen budaya dari 33 provinsi, Pawai Budaya Nusantara itu juga dimeriahkan kontingen dari sejumlah BUMN.

Photo Courtesy http://foto.menit.tv/ Paulinus Hardi Subiantoro
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Indonesia Travel
Copyright © 2013 - 2017. Indonesia Travel Information - All Rights Reserved
Template Edited by Bimasoft
Proudly powered by Blogger